KULIAH TAMU “Psikologi islam & Tantangan Revolusi Industri 4.0”

Progam Studi Psikologi Islam IAIN Kediri kembali menyelenggarakan Kuliah tamu dengan menghadirkan pemateri dari Universitas Negeri Malang, Bapak Dr. Adi Atmoko, M.Si yang memberikan pemaparan tentang konsep Revolusi industry 4.0 serta relevansinya dalam bidang ilmu Psikologi. Dilaksanakan pada tanggal 2 Mei 2019 bertempat di Aula Pertemuan Fakultas Ushuluddin dan Dakwah yang dihadiri oleh para dosen dan  dan mahasiswa Prodi Psikologi Islam.

Kuliah tamu ini dibuka oleh Dekan Fakultas Ushuluddin dan Dakwah Bapak Dr. M. Asror Yusuf, M.Ag. Beliau menjelaskan bahwa dengan revolusi industri banyak sekali dampak positif dan negatif yang muncul. Dampak positef terasa bahwa semua informasi menjadi lebih mudah diakses , namun disisi lain kualitas interaksi sosial  menjadi berkurang. Diharapkan pada kuliah tamu ini mahasiswa Psikologi Islam dapat lebih bijak menggunakan media social dalam  kehidupan sehari-hari. Ibu Dr. Rini Risnawita, M.Si sebagai Kaprodi Psikologi Islam menambahkan bahwa mahasiswa perlu dibekali  tentang bagaimana menyikapi perubahan sosial yang ada pada masyarakat dan ilmu psikologi menjadi salah satu prespektif yang dapat menjawab kebutuhan ini.

Dalam kuliah tamu ini mahasiswa prodi Psikologi Islam diberikan pandangan tentang hakikat revolusi Industri 4.0 yang memiliki salah satu ciri yaitu  penggunaan media sosial  untuk menunjang segala lini pekerjaan dan hubungan  antara manusia dapat merubah model interaksi pada manusia. Pemateri juga menjelaskan bahwa masyarakat Indonesia yang berjumlah sekitar 90% adalah muslim membutuhkan pengetahuan dan ketrampilan untuk dapat mengembangkan kreativitas di jaman ini. Nilai-nilai Islam telah terinternalisiasi sejak lama dan mempengaruhi perilaku manusia dan ilmu Psikologi Islam tepat dipakai untuk mengkaji perilaku manusia dalam setiap tahapannya. Dalam perkembangannya Psikologi islam diharapkan mampu untuk menyempurnakan khazanah keilmuan Psikologi yang telah ada saat ini. Aktifitas yang muncul seperti membuat alat ukur yang memadukan antara konstruk psikologi dan konsep Islam dan memberikan layanan konseling pada masyarakat dengan memasukkan nilai-nilai keislaman dalam setiap prosesenya.Alhamdulillah, kegiatan Stadium General berjalan dengan lancar sesuai dengan yang diagendakan. Semoga acara ini mendapatkan keberkahan dari Allah ta’ala.

Leave a Reply

Your email address will not be published.