RESPONSIF TANGGAPI TANTANGAN EKOLOGIS, PRODI SOSIOLOGI AGAMA GELAR SEMINAR NASIONAL BERTEMA LINGKUNGAN

FUDA Newsroom – Masih dalam rangkaian kegiatan ASAGI (26/6/2024), prodi Sosiologi Agama IAIN Kediri menggelar Seminar Nasional yang bertempat di Home Theater Lt. IV Gedung Perpustakaan IAIN Kediri. Kegiatan ini dihadiri dan dibuka oleh Rektor IAIN Kediri, Wahidul Anam. Seminar nasional ini mengusung tema “Merespon Tantangan Ekologis Melalui Revivalisasi Agama Dalam Paradigma Integrasi Interkoneksi”.

Ketua Prodi Sosiologi Agama IAIN Kediri, Trimurti Ningtyas, dalam sambutannya menyatakan terima kasih yang mendalam kepada seluruh panitia yang turut berperan atas terselenggaranya kegiatan ini. “Tentunya kami berharap acara ini bisa menjadi awal untuk menguatkan kerjasama antar prodi Sosiologi Agama di PTKIN seluruh wilayah Indonesia” imbuhnya.

Kegiatan ini menghadirkan dua narasumber penggiat lingkungan, yakni Prigi Arisandi, pendiri Lembaga Kajian Ekologi dan Konservasi Lahan (Ecological Observation and Wetlands Conservation (ECOTON), dan Rachmad K. Dwi Susilo, dosen sekaligus penggiat sosiologi lingkungan.

Dalam paparannya, Prigi menjelaskan mengenai fenomena sampah plastik yang telah akut di Indonesia yang menimbulkan dampak negatif salah satunya adalah merusak ekosistem sungai. Sementara, Rachmad K. Dwi Susilo membahas tentang kebijakan ekologi. “Banyak sekali isu-isu lingkungan yang perlu kita diskusikan dan kita tindak lanjuti dengan kerja nyata. Sekarang sangat tinggi partisipasi dari warga dunia terkait dengan observasi lingkungan itu. Negara maju juga berkontribusi, negara berkembang berkontribusi, korporasi, masyarakat lokal dan adat semuanya ramai-ramai memiliki paduan suara dengan lagu yang sama yaitu ‘selamatkan lingkungan!’,” terangnya.

Gigih Wahyu Pratomo selaku pemandu acara menutup acara dengan memberikan penegasan materi bahwa seminar menjadi menjadi momentum penting bagi pendidikan Sosiologi Agama (IAIN Kediri) untuk lebih cerdas dalam merespon tantangan ekologis demi kesejahteraan masyarakat Indonesia dan pelestarian lingkungan hidup.

Sumber : Humas Fak. Ushuluddin dan Dakwah IAIN Kediri
Kontributor : Neza Ayu
Editor  : Fuat Hasan