TURUT BERPARTISIPASI, PRODI SAA IAIN KEDIRI KIRIM DILEGASI PADA KEGIATAN 6TH ANNUAL CONFERENCE FOR MUSLIM SCHOLARS (ANCOMS) 2024 DI SURABAYA

FUDA NEWSROOM – Dosen dan mahasiswa dari Program Studi Studi Agama-Agama (SAA) Fakultas Ushuluddin dan Dakwah IAIN Kediri berpartisipasi dalam 6th Annual Conference for Muslim Scholars (ANCOMS) yang diselenggarakan oleh Koordinatorat Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (KOPERTAIS) Wilayah IV Surabaya pada Selasa – Rabu ( 15-16/10/2024). Kegiatan ini berlangsung dengan dua format, yaitu seminar internasional dan panel diskusi, serta melibatkan sekitar 200 presenter dari berbagai penjuru Indonesia.

 

Seminar internasional kali ini mengusung tema “Enhancing Islamic Values Through Local Wisdom in Keeping Harmony and Tolerance.” Di antara narasumber yang hadir adalah Prof. Dr. Zaid Ahmad dari Universiti Kebangsaan Malaysia, yang membawakan materi tentang pentingnya nilai-nilai Islam dalam konteks kearifan lokal. Selain itu, Wakil Ketua Umum PBNU, KH. Zulfa Mustofa, membahas konsep Islam Nusantara, sedangkan Ketua Badan Amil Zakat Nasional Provinsi Jawa Timur, Prof. KH. Ali Maschan Moesa, menyampaikan perspektif Sayyid Sunan Ampel mengenai harmoni dan toleransi.

 

Salah satu mahasiswa yang berkesempatan mempresentasikan risetnya adalah Maula Safira dari Prodi SAA IAIN Kediri. Ia berhasil lolos seleksi naskah dan memaparkan penelitiannya tentang kerukunan beragama di Desa Gaprang – Blitar, Jawa Timur. Maula menyoroti simbolis nama jalan “Masgapur,” yang merupakan singkatan dari Masjid, Gereja, dan Pura, menunjukkan adanya tiga tempat ibadah dalam satu lokasi yang mencerminkan kerukunan antarumat beragama.

 

Selain Maula, Sekretaris Prodi SAA IAIN Kediri M. Thoriqul Huda, juga berperan sebagai presenter. Ini merupakan partisipasi kali keduanya dalam ANCOMS. Dalam presentasinya, Thoriqul mengangkat tema tentang budaya dan koeksistensi hubungan lintas agama di Kediri, menekankan peran budaya dalam membangun hubungan harmonis antarumat beragama di daerah tersebut.

 

Kegiatan ini juga memfasilitasi diskusi mengenai tips dan trik untuk lolos dan mempublikasikan penelitian di konferensi internasional. Narasumber sesi ini adalah Editor In Chief Jurnal Terindeks Scopus Nazhruna, Mohammad Anas Maarif, yang berbagi wawasan berharga bagi peserta.

 

Partisipasi civitas akademika Prodi SAA IAIN Kediri dalam ANCOMS 2024 diharapkan dapat memperkuat kontribusi akademik dan sosial dalam menjaga harmoni antarumat beragama di Indonesia.

Sumber : Humas Fak. Ushuluddin dan Dakwah IAIN Kediri

Penulis : Lintang

Editor   : Fuat Hasan