TINGKATKAN KEAHLIAN KOMUNIKASI DAN PERSONAL BRANDING DI ERA DIGITAL, MAHASISWA KPI IAIN KEDIRI IKUTI STADIUM GENERAL

FUDA Newsroom – Fakultas Ushuluddin dan dakwah IAIN Kediri menggelar acara Studium General bertemakan Communication And Personal Branding Skills In The Digital Age pada Rabu (22/05/25). Bertempat di lantai III Gedung Aula Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, kegiatan ini diikuti oleh seluruh mahasiswa prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI).
Kegiatan ini secara resmi dibuka oleh Muhammad Qomarul Huda selaku Wakil Dekan 2 Fakultas Ushuluddin dan Dakwah. Dalam sambutannya, Ia memberikan arahan kepada para mahasiswa KPI agar tidak kehilangan semangat untuk selalu menuntut ilmu, karena tantangan yang akan dihadapi semakin berat. Ilmu komunikasi erat dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Sekian banyak tantangan banyak itu adalah peluang. Adanya acara ini sebagai salah satu pemantik tentang komunikasi dan personal branding. Mohon memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya.

Dalam konteks ini, dosen dan Kaprodi S2 Fakultas Ilmu Komunikasi UNITOMO, Nur’annafi Farni Syam Maella mengungkapkan How to be a Great Presenter & Public Speaker, Manusia, sambungnya, mulai berkomunikasi ketika manusia ditiupkan ruhnya kedalam kandungan ibunya, komunikasi seperti nafas kita. Sehingga banyak persoalan mengenai komunikasi, kita mengalami fenomena prasangka, tidak percaya diri dan bingung. orang yang tidak percaya diri karena banyak prasangka, sehingga penting menghidupkan komunikasi Intrapersonal.

Ia juga menambahkan bahwa manusia memiliki alam bawah sadar, terdapat pikiran sadar dan pikiran bahwa sadar, yang kita tahu 12% dan yang kita percaya 88% alam bawah sadar yang kita percaya terkait intuisi. Adanya modal belajar berupa visual, auditory, kinestik dan campuran. Selanjutnya 4 sistem konten yang kuat (why) mengapa kita mempelajari ini, (what) tentang apa sih, (how) bagaimana cara kerja, (what if) apa yang terjadi jika saya melakukan ini. Ada 3 elemen komunikasi, 38% intonasi, 7% kata-kata, 55% fisiologi/bahasa tubuh.

Dosen Periklanan UINSA dan Praktisi Digital Branding, Afifatur Rohimah melakukan ice breaking bersama peserta, ia mengungkapan personal branding, personal branding sangat berkembang seiring dengan pesat media sosial. personal branding sebagai citra diri. Unsur dalam personal branding meliputi keunikan, relevansi serta konsistensi. Ketika kita ingin personal branding kuat, fokuskan Konsistensi sebagai kunci berhasilnya personal branding.

Setelah kedua narasumber menyampaikan materinya, selanjutnya sesi diskusi tanya jawab, mahasiswa sangat aktif bertanya namun waktu terbatas. Acara selesai dilanjutkan foto Bersama narasumber dengan para mahasiswa.

Sumber : Humas Fak. Ushuluddin dan Dakwah IAIN Kediri
Penulis : Ineke Nurmalasari
Editor : Lukman Hakim