Tindak lanjuti MoU, Prodi Jurnalistik Islam IAIN Kediri – UIN Batusangkar Gelar Kuliah Tamu

FUDA Newsroom – Program Studi Jurnalistik Islam IAIN Kediri bekerjasama dengan Prodi Jurnalistik Islam UIN Mahmud Yunus Batusangkar menggelar Kuliah Tamu, Selasa, (7/5/2024). Kegiatan yang bertajuk “Towards Ideal News: Islam as a way of Journalism Life” ini merupakan tindaklanjut dari Memorandum of Understanding (MoU) yang sudah diteken sejak 2023.

Kaprodi Jurnalistik Islam, Lukman Hakim mengatakan kegiatan kuliah tamu merupakan acara pembuka dari serangkaian rencana kerjasama dalam bentuk penelitian dan pengabdian masyarakat. “Tentu tidak akan berhenti disini saja, ada sejumlah agenda yang sudah kami siapkan. Semoga berdampak positif bagi pengembangan keilmuan jurnalistik Islam,” tuturnya.

Pada kuliah umum ini narasumber dari Prodi Jurnalistik Islam UIN Mahmud Yunus Batusangkar, Zafirah Quroatun ‘Uyun menjelaskan pentingnya nilai-nilai keislaman sebagai prinsip jurnalistik, mengingat jurnalistik Islam berbeda dengan Jurnalistik umum.

“Setelah membedah beberapa jurnal internasional tentang Jurnalistik, saya membuat dua konsep yaitu jurnalistik Islam yang mana kita dituntut untuk mengedepankan apa yang halal dan meninggalkan yang haram, sedangkan jurnalistik barat lebih mempertimbangkan untung dan rugi,” ujar Zafira yang juga sebagai Kaprodi Jurnalistik Islam UIN Mahmud Yunus Batusangkar.

Seperti diketahui, kuliah tamu yang dipandu oleh Sekprodi Jurnalistik Islam IAIN Kediri, Ellyda Retpitasari ini dihadiri sebanyak 150 mahasiswa dari Prodi Jurnalistik Islam IAIN Kediri, Prodi Jurnalistik Islam UIN Mahmud Yunus Batusangkar dan mahasiswa dari berbagai kampus lain.

Sumber : Humas Fak. Ushuluddin dan Dakwah IAIN Kediri
Kontributor : Ellyda Retpitasari
Editor : Lukman Hakim