Bahas Tantangan Media Terkini, Prodi Jurnalistik Islam Gelar Kuliah Tamu Kedua

FUDA Newsroom – Program Studi Jurnalistik Islam IAIN Kediri menyelenggarakan Kuliah Dosen Tamu yang mengusung tema “Navigasi Tantangan Media Massa Terkini; Mengurai Jalan menuju Informasi yang Kredibel” pada Rabu, (22/5/2024). Kegiatan ini merupakan kuliah Tamu Kedua bekerjasama dengan Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam IAIN Kudus.

Kaprodi Jurnalistik Islam, Lukman Hakim mengatakan adanya media sosial yang menjadi tempat subur berkembangnya hoaks menjadi tantangan berat di masyarakat. Untuk itu, media massa dan jurnalisme menjadi benteng penghalau sekaligus menjadi kompas penunjuk supaya masyarakat tidak mudah terpengaruh.

“Aspek lain, memang dalam rangka akselerasi mempersiapkan borang, maka kami sedang berupaya memperbanyak kegiatan dengan menindaklanjuti MoU. Tentu tidak akan berhenti di kuliah tamu, tapi akan dilanjutkan pada program penelitian dan pengabdian masyarakat,” tuturnya.

Dosen Komunikasi IAIN Kudus, Mansur Hidayat yang diundang sebagai narasumber mengatakan peran serta masyarakat untuk kritis dan skeptis dalam menerima informasi di media sosial sangat penting. Kemudian, pada saat yang sama juga memperbanyak bacaan di media massa. “Mau atau tidak mau kita memang harus membangun budaya skeptis dan kritis ini di masyarakat,” paparnya.

Seperti diketahui, acara kuliah tamu ini dipandu oleh Baudyca Setia Noveluis, Mahasiswa prodi Jurnalistik Islam IAIN Kediri dengan peserta yang hadir sebanyak 70 orang yang tidak hanya berasal dari IAIN Kediri namun juga sejumlah kampus lain.

Sumber: Humas Fakultas Ushuluddin dan Dakwah IAIN Kediri
Kontributor: Lukman Hakim
Editor: Ropingi el-Ishaq