DORONG INTERNASIONALISASI, MAHASIWA IAT PRESENTASI MAKALAH DI KONFERENSI INTERNASIONAL BRUNEI

FUDA Newsroom – Dalam rangka mengembangkan dan meningkatkan kualitas intelektual mahasiswa IAIN KEDIRI, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah mendelegasikan mahasiswa terpilihnya untuk mengikuti Konferensi Antarabangsa Islam Borneo (KAIB) ke-15 di Brunei Darussalam pada rabu – kamis (5 – 6/6/2024). Adalah M. Azfa Nashirul Hikam, mahasiswa Prodi Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir (IAT) semester 8. Turut hadir dalam kegiatan tersebut, dua dosen fakultas syari’ah yaitu Khusnul Yaqin dan Ahmah Wahidi.
Kegiatan tersebut berjalan selama dua hari, dengan dua sesi presentasi di tiap harinya. Sesi pertama dimulai pukul 7.30 – 9.00. Kemudian sesi kedua dimulai pukul 15.00 – 16.30 dengan durasi maksimal 7 menit untuk setiap peserta. Kegiatan ini diikuti tidak kurang 250 peserta dari berbagai Universitas Islam di dunia.
Bertempat di gedung IIC (Islamic Internasional Cenference). Kegiatan ini dibuka oleh Sultan Haji Hassanal Bolkiah dan Prof. Dr. Abdul Aziz bin Juned selaku raja dan mufti Brunei Darussalam beserta segenap mahasiswa Universitas Islam Sultan Syarif Ali (UNISSA).
Pada kegiatan ini M. Azfa Nashirul Hikam mempresentasikan artikel yang berjudul Respon Al-Qur’an atas Kasus Money Politics (Studi Interpretasi Q.S al-Baqarah: 188 Perspektif Tafsir Maqasidi Abdul Mustaqim). Lebih menariknya, ia mengirimkan paper dan mempresentasikannya menggunakan bahasa arab. Melalui kegiatan ini ia mengaku mendapat banyak pengalaman dan pertemanan, baik dengan dosen maupun mahasiswa yang menghadiri kegiatan tersebut. Usai kegiatan presentasi, para peserta konferensi diajak berkunjung ke tempat-tempat bersejarah dan ternama di Brunei, tandasnya.

Sumber : Humas Fak. Ushuluddin dan Dakwah IAIN Kediri
Kontributor : Masrul Anam
Editor : Lukman Hakim