KMPS Aqidah dan Filsafat Islam Gelar Seminar Filsafat

FUDA Newsroom – Rabu, 5/06/2024 Komunitas Mahasiswa Progam Studi (KMPS) Aqidah dan Filsafat Islam IAIN Kediri menggelar sebuah seminar filsafat bertajuk “Membangun Peradaban dengan Kebijaksanaan Berpikir”. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula lantai III gedung Fak. Ushuluddin dan Dakwah IAIN Kediri. Dihadiri oleh kurang lebih 100 peserta, terdiri dari mahasiswa Aqidah dan Filsafat Islam, pengurus Sema dan Dema Fakultas, serta perwakilan dari program studi lainnya yang ada di IAIN Kediri.
Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Program Studi Aqidah dan Filsafat Islam, Zuhri Humaidi. Dalam sambutannya, ia memberikan apresiasi tinggi terhadap KMPS yang sudah berusaha menyelenggarakan kegiatan ini dengan serius. Menurutnya, seminar pemikiran semacam ini harus lebih sering dilakukan karena kampus IAIN Kediri bukanlah pendidikan tinggi vokasi atau diploma yang semata-mata memproduksi tenaga kerja. Akan tetapi kampus IAIN Kediri adalah kampus pemikiran yang mana memiliki tugas utama ialah memproduksi gagasan. IAIN Kediri, dengan pemikiran filsafat yang menjadi fondasinya, harus menjadi barometer pemikiran keislaman di Indonesia, tandasnya.
Sebagai puncak kegiatan, seminar ini menghadirkan narasumber dari Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah (UIN SATU) Tulungagung, yaitu Dian Kurnia Sari. Beliau adalah lulusan S2 CRCS (Center for Religious and Cross-cultural Studies) UGM. Dalam presentasinya, beliau mengupas secara mendalam tentang relevansi filsafat dalam memandu perilaku dan kebijaksanaan berpikir. Filsafat penting peranannya dalam menjawab tantangan-tantangan kompleks sebagai upaya membangun peradaban kontemporer.
Kegiatan seminar ini diikuti dengan antusias oleh seluruh peserta. Melalui kegiatan ini para peserta diharapkan mendapatkan wawasan baru tentang peran penting filsafat dalam membangun peradaban yang berkelanjutan dan berdaya saing. Sebagai bagian dari komitmen untuk meningkatkan pemahaman dan apresiasi terhadap filsafat, KMPS Aqidah dan Filsafat Islam IAIN Kediri berharap bahwa kegiatan ini akan menjadi langkah awal bagi peserta untuk terus menggali dan mengembangkan pemikiran filsafat dalam kehidupan sehari-hari.

Sumber : Humas Fak. Ushuluddin dan Dakwah IAIN Kediri
Kontributor : Zainuri
Editor : Ropingi El Is Haq