TINGKATKAN SKILL MAHASISWA PRODI SOSIOLOGI AGAMA GELAR PELATIHAN ANALISIS DATA BERBASIS SOFTWARE

FUDA Newsroom – Fakultas Ushuluddin dan Dakwah (FUDA) IAIN Kediri menggelar acara FUDA Pelatihan Analisis Data Berbasis Software pada Kamis (16/05/2024), di Gedung Pascasarjana IAIN Kediri. Pelatihan ini bagian dari Mata Kuliah Metode penelitian, Kuantitatif dan Kualitatif.

Ketua Prodi Sosiologi Agama IAIN kediri mengatakan data-data yang ada di internet kita bisa diolah sedemikian rupa untuk menghasilkan sesuatu yang daging semua, untuk temuan-temuan itu nanti yang bisa dipelajari, dari caranya.

Ia menambahkan pelatihan ini untuk mendukung mata kuliah metode penelitian, metode kuantitatif statistika. serta kualitatif disemester 4.

Wakil dekan I, Robingatun mengucapkan terima kasih atas kehadiran kedua Narasumber dalam Pelatihan Analisis Data berbasis software. “Pelatihan analisis, untuk membekali analisis tepat dan benar, tugasnya mahasiswa sosiologi yang merupakan kompeten utama. Untuk menganalisis semua bisa dilakukan namun hasilnya berbeda-beda. Perkembangan saat ini tidak manual namun sudah IT.

“Dalam konteks hari ini, Narasumber 1 mengungkapkan, terdapat 3 jenis metode penelitian, kuantitatif, kualitatif dan campuran. Penelitian tidak harus turun dilapangan, tetapi kita mempunyai data untuk dianalisis. Ada jaringan media sosial, bersifat Ilmiah. Filosofi peneliti dilakukan, Ilmu bisa menjelajahi dunia, Ilmu bisa menemukan proposisi-proposisi yang teruji secara empiris, dan sifat ilmu relative/kebenarannya. Serta Proses manusia mencari
kebenaran. Ia menambahkan ada tiga metode penelitian untuk memperkuat penelitian. Narasumber menjelaskan perbedaan metode penelitian kuantitatif, didalamnya terdapat pendidikan masalah sosial, pengujian teori, variabel-variabel, diukur dengan angka, analisis prosedur statistik Creswell (1994). Narasumber menjelaskan aplikasi yang digunakan SMART PLS hingga kelebihan dan kelemahan aplikasinya. kemudian dilanjut materi metode kualitatif penelitian. Penelitian kualitatif instrumennya peneliti sendiri. Definisi Kualitatif seperti rekreasi ke kebun binatang (Bogdan 1982). Narasumber menjelaskan karakteristik, tahapan khusus, langkah dalam analisis data hingga kelemahan dalam pengolahan data Analisis.

Sementara itu Narasumber selanjutnya mengungkapkan pekerjaan yang dikerjakan sebulan dapat dikerjakan dalam tiga hari atau sehari. Materi narasumber selanjutnya Tools dalam menganalisis data penelitian kualitatif Penggunaan Tools Vosviwer dalam menganalisis data penelitian kualitatif , salah satunya N,Vivo 12 plus, Vosviwer, Rstudi, Citespace, Wordstat, dan Atlas TI. Narasumber menjelaskan 2 alat Tools, pengenalan N,Vivo 12 plus dan Vosviwer, hingga ia menerapkan praktik dalam penggunaan aplikasinya.

Ia menambahkan penggunaan Tools Vosviwer, untuk mencari gap penelitian, membuat road map, mereview artikel, memotret perkembangan kajian, serta memetakan konsep. Aplikasi ini tidak hanya digunakan penyusunan skripsi, proposal, proposal penelitian maupun hibah penelitian, dapat digunakan kompetisi ilmiah.

Sumber : Humas Fak. Ushuluddin dan Dakwah IAIN Kediri
Penulis : Ineke Nurmalasari
Editor : Lukman Hakim