Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir

IDENTITAS PRODI

1.Nama Program Studi:Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir
2.Ijin Penyelenggaraan Prodi:SK Direktur Jenderal Pembinaan Kelembagaan Agama Islam No. E/370/1998
3.Akreditasi  Prodi:A [Download]
4.Gelar Akademik Beserta Singkatannya:Sarjana Agama (S.Ag.)
5.Jenis Pendidikan:Akademik
6.Program Pendidikan:Program Sarjana (Level 6)
7.Bahasa Pengantar Kuliah:Bahasa Indonesia
8.Masa Studi Program Sarjana:Paling lama 7 tahun akademik

VISI PRODI

“Menghasilkan lulusan yang ahli dalam kajian ilmu al-Qur’an dan tafsir
dalam bidang tafsir maudhu’i kontekstualis tingkat nasional 2030”.

MISI PRODI

  1. Melaksanakan pendidikan dan pengajaran ilmu al-Qur’an dan tafsir secara profesional untuk menjadikan lulusan ilmu al-Qur’an dan tafsir yang ahli dalam tafsir maudhu’i kontekstualis.
  2. Menyelenggarakan penelitian dalam ilmu al-Qur’an dan tafsir melalui pendekatan tafsir Maudhu’i kontekstualis secara profesional.
  3. Melaksanakan pengabdian pada masyarakat melalui ilmu al-Qur’an dan tafsir bidang tafsir maudhu’i kontekstualis.
  4. Menjalin kerja sama dengan lembaga-lembaga yang terkait dengan pengembangan ilmu al-Qur’an dan tafsir bidang tafsir maudhu’i kontekstualis baik di dalam maupun di luar negeri.

TUJUAN PRODI

  1. Menghasilkan sarjana yang menguasai ilmu-ilmu Al Qur’an dan ilmuilmu tafsir Hadits, sehingga mampu memproduksi pemikiran-pemikiran baru yang berasal dari dua sumber pokok Islam tersebut.
  2. Penguasaan dan kemampuan interpretasi terhadap Al-Qur’an dan Hadits akan lebih menjamin kesinambungan tradisi dan dinamika pemikiran intelektual dalam Islam.

PROFIL LULUSAN

Profil Utama
Mufassir Pemula, kompetensi:

  1. Mampu menguasai pengetahuan dan keterampilan di bidang ilmu alQur’an dan tafsir serta mampu mengembangkannya sesuai dengan kaidah-kaidah penafsiran.
  2. Mampu memahami kode etik penafsiran dan berusaha untuk mengaplikasikan dalam menafsirkan al-Qur’an.
  3. Memiliki self confidence dalam menyampaikan ayat-ayat yang menjadi bahan kajian di hadapan masyarakat.
  4. Mampu merencakanan tema-tema kajian yang ada keterkaitannya dengan kondisi yang dihadapi oleh masyarakat.

Profil Tambahan

a. Peneliti dan Konsultan al-Qur’an dan Tafsir, kompetensi:

  1. Mampu menguasai pengetahuan dan keterampilan di bidang
    kajian ilmu al-Qur’an dan Tafsir khususnya pada tafsir maudhu’ikontekstual, baik berkaitan langkah-langkah metode maudhu’i, mengkontekstualisasikan dengan realitas terkait dan dapat mendasarkan pada sumber-sumber literatur klasik, pertengahan dan kontemporer.
  2. Mampu mencari dan merumuskan masalah yang dihadapi dengan menggunakan standar ilmiah yang tetap bersandar pada kaidah-kaidah yang telah baku.
  3. Mampu menguasai pengetahuan tentang persoalan-persoalan di masyarakat, terkait dengan tradisi-tradisi atau sosial-budaya yang berkembang di masyarakat, termasuk persoalan gender.
  4. Mampu melakukan analisis kritis terhadap problematika yang berkaitan dengan permasalahan masyarakat, sehingga mampu menyelesaikan dan mencari jalan keluar dengan tetap mengambil hidayah dari al-Qur’an dan Tafsir.

b. Da’i Milenial, kompetensi:

  1. Mampu menguasai pengetahuan dan keterampilan tentang media dakwah untuk selanjutnya mentransfer pengetahuan tentang al-Qur’an dan Tafsir melalui konten-konten yang beradab dan bermartabat.
  2. Mampu menyampaikan ajaran-ajaran yang terdapat dalam alQur’an melalui dakwah multimedia dengan mengembangkan Islam yang moderat dan rahmatal lil ‘Alamin.

c. Pendidik al-Qur’an dan Hadits, kompetensi:

  1. Mampu menguasai pengetahuan tentang al-Qur’an dan hadits dengan kaidah-kaidah keilmuan yang telah ditetapkan para ulama.
  2. Mampu mempraktekkan pengetahuan terkait dengan Ilmu al-Qur’an yang meliputi ilmu tajwid, Tahsin, tahfidz, disiplin keilmuan tafsir, juga berkaitan dengan hadits yang mencakup meteri hadits Nabi (matan) dan para Perawi hadits (sanad) lengkap dengan perangkat keilmuannya.
  3. Mampu menyampaikan materi Ilmu al-Qur’an baik melalui pengajaran langsung, face to face (talaqqi), musyafahah, maupun pengajaran dengan menggunakan multimedia.

PETA ILMU/KURIKULUM PRODI ILMU AL-QUR’AN DAN TAFSIR