Tasawuf Dan Psikoterapi

IDENTITAS PRODI

Kaprodi : Yuli Darwati, M. Si
Sekprodi : Ahmad Hasan Saleh, S.Pd, M.PI
1.Nama Program Studi:Akhlak dan Tasawuf
2.Ijin Penyelenggaraan Prodi:Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam No.DJ.I/52/2011
3.Akreditasi  Prodi:B [Download] (Surat  Keputusan BAN-PT No. 118/SK/BAN-PT/Akred/S/III/2015)
4.Gelar Akademik Beserta Singkatannya:Sarjana Ushuluddin (S.Ud) (Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2009)
5.Jenis Pendidikan:Akademik
6.Program Pendidikan:Program Sarjana (Level 6)
7.Bahasa Pengantar Kuliah:Bahasa Indonesia
8.Masa Studi Program Sarjana:4 Sampai 5 Tahun

VISI PRODI

“Menjadi program studi yang unggul dalam penyelenggaraan pendidikan dan pengembangan ilmu akhlak dan tasawuf berbasis kearifan lokal di tingkat nasional”.

MISI PRODI

  1. Melaksanakan pendidikan dan pengajaran secara profesional dalam bidang ilmu tasawuf dan psikoterapi untuk menghasilkan lulusan yang kompeten di bidangnya dan mampu bersaing di tingkat nasional maupun internasional.
  2. Menghasilkan penelitian yang berkualitas dalam bidang ilmu tasawuf dan psikoterapi secara interdisipliner berbasis kearifan lokal dan mampu dipublikasikan di tingkat nasional maupun internasional.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang tasawuf dan psikoterapi secara interdisipliner berdasarkan tanggung jawab sosial melalui peran serta civitas akademika.
  4. Menjalin kerjasama secara berkelanjutan dengan lembaga-lembaga yang terkait di dalam dan luar negeri untuk meningkatkan kualitas akademik, manajemen, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

PROFIL LULUSAN

• Profil Utama
Menjadi terapis di bidang tasawuf dan psikoterapi yang berkepribadian sufi dan berpengetahuan ilmiah dengan pendekatan dan metode sufistik dalam mengatasi masalah kejiwaan manusia, baik secara individual maupun kolektif di dunia kerja dan di masyarakat.

• Profil Tambahan

  1. Motivator Pengembangan Sumber Daya Manusia, yakni motivator yang memiliki kualifikasi akademis dan keahlian dalam memberikan motivasi peningkatan dan pengembangan diri secara individual maupun kolektif, baik di dunia industri, kesehatan, pendidikan, pemerintahan, maupun masyarakat.
  2. Wirausaha, yakni Wirausaha yang memiliki kualifikasi akademis dan keahlian dalam bidang pengembangan usaha pengobatan alternatif.
  3. Guru Ilmu Akhlak, yakni tenaga pendidik yang memiliki kualifikasi akademis dan keahlian dalam memberikan pendidikan dan pengajaran di bidang ilmu akhlak pada lembaga pendidikan, baik formal maupun informal.