Sosiologi Agama

IDENTITAS PRODI

Kaprodi : Taufik Alamin, M.Si
Sekprodi : Dr. Khaerul Umam, M.Ud
1.Nama Program Studi:Sosiologi Agama
2.Ijin Penyelenggaraan Prodi:SK Direktur Jenderal Pendidikan Islam  No. 1497 Tahun 2014
3.Akreditasi  Prodi:B [Download]
4.Gelar Akademik Beserta Singkatannya:S.Sos (Peraturan Menteri No 36 Tahun 2009)
5.Jenis Pendidikan:Akademik
6.Program Pendidikan:Program Sarjana (level 6)
7.Bahasa Pengantar Kuliah:Bahasa Indonesia
8.Masa Studi Program Sarjana:4 s.d 5 Tahun

VISI PRODI

“Menjadi program studi yang unggul di tingkat nasional dalam penyelenggaraan pendidikan, pengembangan, dan pengintegrasian ilmu sosiologi agama berbasis kearifan lokal pada tahun 2026.”

MISI PRODI

  1. Melaksanakan pendidikan dan pengajaran ilmu sosiologi agama berbasis kearifan lokal yang unggul di tingkat nasional.
  2. Melakukan integrasi keilmuan sosiologi agama dengan ilmu-ilmu keislaman dalam pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat.
  3. Melaksanakan penelitian di bidang sosial keagamaan dengan pendekatan sosiologi berbasis kearifan lokal yang berkualitas dan mampu dipublikasikan di tingkat nasional dan internasional.
  4. Melaksanakan pengabdian masyarakat melalui peran serta dosen dan mahasiswa dalam pemberdayaan masyarakat dengan pendekatan sosiologi berbasis kearifan lokal.
  5. Menjalin kerjasama dengan berbagai pihak untuk meningkatkan kualitas akademik, manajemen, penelitian dan pengabdian pada masyarakat di dalam dan luar negeri.

PROFIL LULUSAN

• Profil Utama
Menjadi seorang yang ahli dalam bidang sosiologi agama yang mampu mengaplikasikan keilmuan sosiologi agama dalam menyelesaikan permasalahan sosial keagamaan dalam masyarakat berbasis kearifan lokal. Sosiolog muda dapat menekuni pekerjaan sebagai asisten peneliti, pengamat sosial keagamaan, social worker, dan ahli resolusi konflik.

• Profil Tambahan
Sebagai penyuluh dalam bidang sosial keagamaan, dalam arti mampu memberikan wawasan, pengetahuan, informasi, dan persoalan sosial keagamaan yang berkembang berdasarkan teori, pandangan dan fakta.