SAA IAIN KEDIRI GELAR KULIAH UMUM MODERASI BERAGAMA; HADIRKAN MENTERI AGAMA RI PERIODE 2014-2019

 Dr. (HC) K.H. Lukman Hakim Saifuddin, Menteri Agama RI Periode 2014-2019 hadir sebagai pembicara dalam Kuliah Umum Moderasi Beragama dengan tema “Agama dan Budaya dalam Perspektif Moderasi Beragama” pada Rabu (8/3/23) di Auditorium Theatre lt.4 Perpustakaan IAIN Kediri.

Mengawali acara, Saiful Mujab sebagai moderator menjelaskan mengapa konsep moderasi beragama menjadi penting bagi Bangsa Indonesia.

“Indonesia ini negara yang besar dengan beragam etnis, suku, ras, akan rapuh jika kita tidak mempunyai pandangan yang satu dan utuh mengenai keberagaman itu semua”

Kutipan ini kemudian disambut oleh Lukman Hakim Saifuddin dengan menjelaskan mengenai konsep moderasi beragama dan bagaimana keberagaman bisa muncul.

“Konsep moderasi beragama ini tidak sama dengan baik/benar, kalau begini jelas kita akan milih yang benar. Moderasi ini al – wasath/bainattharafain yakni di tengah-tengah, di antara 2 jalan ….” Ujar Lukman Hakim.

Acara kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dengan 3 (tiga) slot pertanyaan oleh peserta. Sambil menjawab, Lukman Hakim berseloroh dan disambut dengan gelak tawa seisi ruangan.

“Kita ini sebenarnya bangsa yang sangat agamis, agama kita ini built-in. Mau ngapa-ngapain pasti berdoa, bahkan mau melakukan kejahatan pun tidak lupa berdoa. Temen- temen mahasiswa mau bolos juga pasti berdoa kan biar tidak ketahuan” Ujar Lukman Hakim.

Acara ini diinisiasi oleh Prodi SAA IAIN Kediri dan dihadiri hampir 300 peserta yang terdiri dari Dosen, Tendik, dan Mahasiswa IAIN Kediri.

Sumber : https://iainkediri.ac.id/saa-iain-kediri-gelar-kuliah-umum-moderasi-beragama-hadurkan-menteri-agama-ri-periode-2014-2019/