MENGOLAH TUGAS MENJADI KARYA ILMIAH BEREPUTASI

IAIN Kediri Newsroom – Program Studi Agama Agama Fakultas Ushuluddin dan Dakwah IAIN Kediri memberikan pelatihan pada mahasiswa terkait strategi mengolah tugas makalah menjadi karya ilmiah bereputasi nasional pada Rabu (06/03/2024). Hadir dalam acara tersebut narasumber kegiatan Mohammad Anas Maarif yang merupakan pengelola jurnal Nazhruna (Scopus) Universitas Pesantren KH Abdul Chalim Mojokerto Indonesia.

Ketua Program Studi Agama-Agama, Mohammad Arif, dalam sambutannya menyampaikan bahwa mahasiswa Program Studi Agama-Agama harus memiliki kemampuan menulis yang baik. Hal ini sejalan dengan tuntutan terhadap lulusan program studi, sehingga pelatihan ini dilaksanakan untuk memberikan bekal pada mahasiswa agar memiliki kemampuan menulis yang baik dan benar.

Di hadapan 180 peserta yang hadir dalam kegiatan ini, Wakil Dekan 1 Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, Robingatun, menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat bagus dan diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi peningkatan kualitas menulis mahasiswa.

“Lebih jauh lagi, tugas-tugas makalah tersebut dapat diterbitkan pada jurnal bereputasi nasional maupun internasional,” ucap Robingatun saat memberikan arahan sekaligus membuka kegiatan pelatihan ini.

Dalam paparannya, Anas menyampaikan bahwa tren menulis tugas makalah mahasiswa saat ini cenderung masih berpikir singkat, artinya bahwa tugas hanya membuat makalah dan presentasi sehingga membuat makalah juga kadang asal-asalan.

“Mahasiswa belum berpikir lebih jauh. Semisal jika makalah ditulis dengan baik dan memperhatikan kaidah penulisan ilmiah maka akan berdampak pada karyanya diterbitkan di jurnal ilmiah, berdampak pada akreditasi program studi dan lain sebagainya. Oleh karena itu perlunya peran dosen dalam mengingatkan mahasiswa akan pentingnya membuat tugas makalah dengan baik dan benar sesuai dengan standar ilmiah,” tutur Anas dalam pengantar pelatihan.

Kegiatan yang berlangsung dari pagi hingga siang ini diikuti mahasiswa dari prodi lain di lingkungan Fakultas Ushuluddin dan Dakwah seperti prodi Ilmu Hadis, Tasawuf dan Psikoterapi, Sosiologi Agama, dan Komunikaksi Penyiaran Islam.

Sumber: Humas IAIN Kediri
Penulis: Maria (Kontributor), Zuhrufi
Editor: Ropingi el-Ishaq